Bentuk Pengekspresian Diri Pada Bangunan

BENTUK PENGEKSPRESIAN DIRI PADA BANGUNAN


Selamat pagi semua, semoga sehat selalu:).Begitu banyak bangunan yang kita lihat selama ini.Tetapi,apakah anda pernah berpikir untuk apa bangunan itu dibangun? Apa manfaatnya bagi yang melihat? Serta,apakah dengan dibangunnya bangunan tersebut,mempunyai suatu hal yg berguna bagi kepentingan masyarakat luas? Jadi saya akan memberikan penjelasan mendalam mengenai bangunan bangunan tersebut. Berikut adalah "BENTUK PENGEKSPRESIAN DIRI PADA BANGUNAN"


1. Pura


Bangunan tersebut adalah Pura (Hindu Temple), bangunan ini merupakan tempat bagi para penganut agama hindu untuk beribadah.Tempat ini juga biasa digunakan saat acara keagamaan umat hindu yang sering diselenggarakan satu tahun sekali.Bangunan ini juga memiliki manfaat bagi penglihatnya sebagai bentuk keragaman agama,serta menunjukan budaya hindu yang ada di Indonesia


2. Gereja Katolik


Bangunan ini merupakan tempat beribadah bagi umat kristiani katolik.Gereja ini bernama 
Catholic Church of Saint John Paul II, gereja ini merupakan gereja yang berada di komplek 5 Rumah Ibadah di Jakabaring Palembang. Kita sebagai orang yang melihatnya merasa takjub atas kemegahan tempat ibadah umat katolik tersebut.

3. Masjid Nur Al-Dien 

Sesuai dengan nama nya,Masjid ini bernama Masjid Al-Dien (aldin) yang dalam bahasa arab artinya Kemuliaan Agama. Masjid ini bentuknya sederhana tapi saat setelah memasuki ruangan masjid,kita akan merasakan kesejukan yang luar biasa.Angin sepoi-sepoi berhembus di pelataran masjid,sehingga memberikan kenyaman dan rasa tentram bagi yang beribadah disana,serta memberikan ketenangan hati tiada tara. Masjid ini terletak di Komplek 5 Rumah Ibadah yang ada di Jakabaring Sports City Palembang.

4. Vihara Jakabaring

Bangunan ini merupakan Vihara umat buddha di Komplek 5 Rumah Ibadah di Jakabaring Sports City Palembang.Seperti Vihara pada umunya,vihara ini digunakan untuk beribadah dan tempat acara-acara keagamaan buddha setiap tahun.Vihara ini menarik perhatian saya dimana,vihara ini menurut saya unik dikarenakan jumlah tiang-tiang pondasi pada vihara ini berjumlah yang terbilang cukup banyak untuk ukuran sebuah bangunan,saya tak begitu mengerti apakah vihara memang mempunyai banyak tiang pondasi sebagai ciri khas atau sebagainya.Dan saya yakin tidak hanya saya yang berpikir seperti itu.Yang pasti saya cukup tertarik melihat vihara tersebut.

5. Gereja Christian

Seperti namanya,gereja ini memiliki nama Christian Church. Saya beragama muslim,sebagai orang awam,jujur saya kurang mengerti perbedaan antara katolik dan protestan.Jadi sebisa mungkin saya akan memberikan penjelasan mengenai gereja tersebut.Gereja ini bentuknya sedikit berbeda dari gereja sebelumnya,dimana kita dapat lihat,tidak ada patung pendeta di depan gereja tersebut,layaknya gereja sebelumnya.Akan tetapi,bentuk gereja Christian ini sedikit lebih kecil dan lebih sederhana dari gereja sebelumnya.Saya tertarik melihat gereja ini karena,gereja ini memiliki menara yang lumayan tinggi dibandingka gereja sebelumnya.Gereja ini juga terletak di Komplek 5 Rumah Ibadah di Jakabaring Sports City


6. Kuil 


Bangunan ini adalah Kuil bagi umat buddha, terletak bersebelahan dari Komplek 5 Rumah Ibadah di Jakabaring Sports City. Saat saya kunjungi kuil ini,begitu tenang suasana di sekitarnya,dan tak terlihat orang lalu lalang di depan kuil tersebut,saya sebagai yang bukan umatnya,saya menghormati mereka dengan tidak masuk atau menyentuh bangunan tersebut.Tetapi kuil ini bentuknya tak terlihat seperti kuil-kuil yang sering saya jumpai di film-film,bentuknya terlihat lebih simple dan sederhana.

7. Lapangan Tembak


Bangunan tersebut adalah GOR Lapangan Tembak, yang terletak di komplek Jakabaring Sports City Palembang. Bisa dilihat dari ukuran bangunan tersebut,begitu besar dan megah,serta jika kita lihat lagi,desain bangunan ini termasuk unik untuk sebuah lapangan tembak pada umumnya. Terdapat juga bentuk orang-orangan sebagai bentuk penggambaran lapangan tembak di depannya.Bagi saya, melihat bangunan ini sudah membuat saya sangat takjub dikarenakan bentuknya yang unik.

8. Wisma Atlet


Sesuai dengan namanya,bangunan itu adalah wisma atlet.Bagi kalian yang tidak tahu apa arti wisma atlet,merupakan tempat menginap para atlet saat mereka sedang mengikuti event acara Pekan Olahraga Nasional atau acara olahraga tahunan lainnya. Tempat ini sangat saya sukai karena sangat berwarna,meskipun terbilang monoton. Wisma atlet ini sekarang tidak ditinggali siapa pun dikarenakan tidak ada acara olahraga,ada beberapa atlet-atlet menginap setelah lelah berlatih seharian di Jakabaring Sports City

9. Menara Pantau


Bangunan ini sebenarnya jarang digunakan,tetapi karena memiliki spot yang unik dan cocok untung rekreasi, maka dari itu bangunan ini masuk dalam list saya. Bangunan ini berfungsi sebagai tempat penonton melihat olahraga speedboat atau olahraga ski air,dikarenakan jarang adanya olahraga tersebut,tempat ini dijadikan tempat rekreasi bagi para pengunjung.Terletak di tengah danau Jakabaring Sports City,bersebrangan dengan Lapangan Tembak.

10. Shelter 


Bangunan ini adalah Shelter Jakabaring Sports CIty,tempat ini berguna sebagai tempat halte bersandar,karena biasanya bus masuk sampai ke dalam,tetapi karena suatu hal,bus tidak lagi masuk sampai area komplek Jakabaring Sporst City Palembang,jadi tempat ini lebih sering ditutup.


Yakk sepertinya itu saja yang bisa saya sampaikan dan jabarkan kepada kalian semua yang membaca,saya berterima kasih kepada anda yang sudah bersedia membaca dari awal,mohon maaf bila ada salah kata atau kalimat yang menyinggung pihak manapun,

Sekian, Terima Kasih:)



sumber:pikiranku yang suka jalan-jalan:)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARSITEKTUR BYZANTIUM

ARITEKTUR YUNANI KUNO

ARSITEKTUR ROMAWI KUNO