10 Pengertian Arsitektur Menurut Ahli

10 PENGERTIAN ARSITEKTUR MENURUT AHLI 


Arsitektur atau ilmu bangunan adalah seni yang dilakukan oleh setiap individu untuk mengimajinasikan diri dan ilmu mereka dalam merancang bangunan.(wikipedia)

Ada banyak pengertian arsitektur menurt para ahli.Berikut adalah 10 Pengertian Menurut Ahli:

1. Henry Maclaine Pont

Pengertian arsitektur menurut Henry Maclaine Pont adlah bagian dari pekerjaan manusia dalam membuat suatu guna bagi supaya keluar dan juga untuk menudukkan alam.

2. Y.B. Mangunwijaya (1988:348)

Pengertian arsitektur menurut Y.B. Mangunwijaya adalah vastavidya atau wastuwidya yang berarti ilmu bangunan. Wastawidya mencakup ilmu tata bumi, tata gedung, dan tata kemudian lintas (dhara, harsya, dan kanan). Mangunwijaya juga menafsirkan arsitektur sebagai penciptaan suasana, perkawinan guna dan citra. Arsitektur tidak dilihat dari kemewahan bahan, teknologi, dan harganya. Sebab dari bahan-bahan sederhana pun bisa mmeberikan cerminan refleksi keindahan yang puitis dari suatu arsitektur dan jauh lebih bersih dari godaan ataupun kepongahan.

3. Claudil

Pengertian arsitektur menurut Clauidil adalah hasil persepsi dan penghargaan manusia terhadap ruang dan bentuk.

4. Robert Gutman

Pengertian arsitektur menurut Robert Gutman adalah suatu lingkungan produksi yang tidak hanya menjembatani manusia dan lingkungan, tetapi juga sebagai wahana ekspresi kultural untuk mengatur kehidupan jasmaniah, psikologis.

5. Van Romondt

Pengertian arsitektur menurut Van Romondt adalah ruang lokasi hidup yang tempat manusia dengan bahagia. Ruang sendiri merujuk pada seluruh ruang yang terjadi karena diciptakan oleh manusia ataupun ruang yang terjadi dengan sendirinya atau alami, sepergi gua, pohon, dan lain sebagainya.

6. Banhart CL dan Jass Stein

Pengertian arsitektur menurut Banhart CL dan Jass Stein adalah seni dalam menegakkan bangunan, dimana di dalam seni tersebut terdapat segi perencanaan, konstruksi, dan solusi dekorasinya. Selain itu, sifat dan format bangunan, proses membangun, bangunan dan kelompok lainnya adalah segi-segi lain yang juga ada di dalam arsitektur.

7. Marcus Pollio Vitrovius

Pengertian arsitektur menurut Marcus Pollio Vitrovius adalah:

  • Arsitektur adalah sebuah kekuatan/kekohon (virmitas), keindahan/estetika (venustas, dan kegunaan/fungsi (utilitas)
  • Arsitektur adalah ilmu yang timbul dari ilmu-ilmu lainnya serta dilengkapi dengan proses belajar.

8. Cornelis Van de Ven

Pengertian arsitektur menurut Cornelis Van de Ven adalah proses penciptaan ruang yang diciptakan dengan cara yang benar dan direncanakan sera dipikirkan. Pemabaharuan dalam arsitektur yang terus menerus terjadi adalah karena faktor konsep-konsep ruang yang juga terus berkembang.

9. O’Gorman (1997)

Pengertian arsitektur menurut O’Gorman adalah lebih dari sekedar suatu pelindung. Arsitektur bisa jadi merupakan suatu wujud seni, namun memiliki perbedaan, yaitu arsitektur menggunakan seni sebagai sesuatu yang penting untuk digunakan sebagai interior.

10. Le Corbusier

Pengertian arsitektur menurut Le Corbusier adalah architecture is the mastery, correct and magnificient play of masses seen in light. Architecture with a capital A was an emotical and astehtic experience.


Demikianlah 10 Pengertian Arsitektur Menurut 10 Ahli. Terimak Kasih telah membaca artikel ini,Semoga Bermanfaat. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARSITEKTUR BYZANTIUM

ARITEKTUR YUNANI KUNO

ARSITEKTUR ROMAWI KUNO